Kamis, 13 Januari 2011

Indahnya Bisnis bersama Pasangan

Berbagi Pengalaman...

Salam Hangat buat pembaca yang setia...
Tulisan ini hanyalah pengalaman pribadi yang mungkin tidak begitu berarti buat pembaca artikel ini. Bagi yang tertarik semoga mendapatkan manfaat dari tulisan saya ini.
Indahnya bisnis bersama seorang istri atau suami. Sudah banyak orang-orang di sekitar kita yang berusaha atau bekerja wiraswasta bersama pasangan hidupnya. Biasanya usaha semacam ini sering kita jumpai pada usaha makanan atau minuman, ada juga yang bisnis grosiran, dan masih banyak lagi usaha-usaha dibidang lain yang di motori oleh pasangan suami istri.

Dalam berbisnis bersama pasangan, tentu tidak semudah kalau kita hanya membayangkannya saja. Dalam pelaksanaannya pastilah (kayak ilmu pasti aja) masalah itu selalu ada. Tidak mungkin tidak ada, kalau ada orang yang mengatakan bisnis bersama pasangan itu tidak pernah ada masalah tentulah bulsitt belaka.
Untuk menyamakan visi dan misi dalam menjalankan bisnis bersama pasangan kalau tidak di dasari saling pengertian diantara keduanya tentulah akan berjalan lambat dan bisa-bisa kacau dalam menjalankan bisnisnya.
Ada beberapa Trik Bisnis bersama pasangan agar usaha kita bisa berjalan lancar.

1. Visi dan Misi 
Hendaklah kedua pasangan memiliki pandangan yang sama tentang visi usahanya, dan misi-misi usahanyapun harus jelas. Mau dibawa kemana bisnisnya tersebut, mau dibuat seperti apa bisnisnya kelak harus jelas dan sama-sama saling memahami. Terkadang, saat awal / pertama kali bisnis yang dipikirkan adalah asal jalan, asal dapat uang... titik. Menurut saya hal itu sebaiknya harus dibumbui lagi dengan rencana-rencana ke depan.

2. Job Description
Pembagian tugas adalah penting supaya dalam pelaksanaan usaha bisa berjalan dengan baik dan disiplin sesuai dengan tugas tiap pasangan. Dalam usaha produksi misalnya: biasanya seorang istri menangani menajemen produksi dan keuangan, sedangkan sang suami mengerjakan tugas promosi dan pemasaran. Supaya tidak timpang tindih dalam pelaksanaannya, setiap pasangan harus menyadari dan memahami tugasnya masing-masing. dan belajar bertanggungjawab terhadap tugasnya.

3.   Masalah Keuangan
Biasanya masalah keuangan adalah masalah yang gampang-gampang susah. Karena ini adalah bisnis keluarga, antara pos pengeluaran cenderung amburadul. Disini, harus ada keterbukaan dalam hal pemasukan dan pengeluaran antara keduanya. tidak saling menutup-nutupi. Disinilah manfaat besarnya, tidak ada sekat yang membatasi antara suami istri, semuanya bisa dibicarakan secara terbuka. Kedua pasangan harus benar-benar tahu kondisi keuangan guna meningkatkan motivasi apabila ada kecenderungan penurunan pendapatan, dan bersiap membuat planning yang lebih baik jika pendapatannya sudah mulai beranjak naik. Kesimpulannya adalah terbuka dalam hal keuangan, sama-sama tahu kondisi keuangan supaya tahu sudah sampai mana perjalanan bisnisnya.

4. Mendapatkan Ide
Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada beberapa orang yang mencari atau menemukan ide susah banget, mungkin karena berbagai masalah yang dihadapi sehingga tidak sempat mencari ide hehe... Adapula yang mudah mendapatkan ide, namun tidak bisa mengaplikasikan ide tersebut menjadi peluang bisnis. Suami istri yang bekerja bersama-sama lebih bebas dalam mengeluarkan ide-ide yang muncul dan tidak takut akan adanya kebocoran rahasianya terhadap pasangan. Istri atau suami adalah pasangan yang hebat apabila bisa mengaplikasikan suatu ide. Berbeda apabila bekerjasama dengan orang lain, terkadang ide tersebut harus dipendam disimpan, khawatir bocor atau diserobot orang lain (udah biasa kalee.. dalam dunia usaha saling serobot menyerobot).. Kesimpulan : Tidak takut mengeluarkan ide dengan pasangan, terkadang penyampaiannya juga bebas di tempat mana saja, bisa di ruang tamu, di dapur, atau di kasur.. (hmmmm sambil ngapain yach...)

5. Do'a (Spiritual)
Untuk yang satu  ini semua orang sudah tahu. Manusia wajib untuk berusaha mengubah nasibnya namun Tuhan yang menentukan. Setiap langkah yang kita jalani adalah pilihan. Mau jadi apa, dan jalan apa yang kita tempuh, semua pasti ada hikmahnya. Yang pasti Tetap Berjuang dan Terus Semangat...
Mudah-mudahan, tulisan yang sedikit ini dapat berguna dan bermanfaat bagi yang belum pernah bisnis bersama pasangan, bagi yang sudah menjalankannya pasti ada tips-tips yang lebih baik dan lebih sempurna. 

Ada yang ketinggalan neh.. meskipun bisnis ini dijalankan bersama pasangan namun jangan lupakan membuat planning/ rencana usahanya.

Selamat berbisnis bersama pasangan, dan jadikanlah bisnis bersama pasangan itu indah... 
 

Artikel "Susu Kedelai Nyonya Widi" Indahnya Bisnis bersama Pasangan Tanpa bahan pengawet dan Gula 100% Asli lho Indahnya Bisnis bersama Pasangan Artikel url http://nyonyawidi.blogspot.com/2011/01/indahnya-bisnis-bersama-pasangan.html,Sampaikan salam hangat kami kepada keluarga anda Indahnya Bisnis bersama Pasangan Semoga bermanfaat Indahnya Bisnis bersama Pasangan Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar